Pesona Wisata Pulau Sempu Malang

pulau sempu

wisatajawa.com – Wisata pulau sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.Sehingga termasuk salah satu kekayaan Wisata Jawa Timur. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ – 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ – 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektare, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Indonesia di sisi selatan, Timur dan Barat.Untuk sampai di pulau nan eksotik Wisata Jawa ini harus terlebih dahulu tiba di Pantai Sendang Biru. Setelah itu barulah Anda mengurus izin dan kemudian menyewa perahu untuk menyebarang hingga sampai ke Pulau Sempu ini.

Dari pusat Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk sampai ke Pantai Sendang Biru. Perjalanan menuju wisata ini tergolong tidaklah mudah. Anda akan merasakan sensasi petualangan baru jika berkunjung ke tempat wisata ini. Terlebih untuk menuju spot nan memikat yang harus Anda kunjungi di Pulau Sempu.Pesona Pulau Sempu ini terletak pada keindahan utamanya yaitu‘Laguna Segara Anakan’ sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat mempesona. Dengan luas sekitar 4 ha spot ini akan memberikan pesona keindahan yang menakjubkan, dengan air laut yang cukup tenang karena dipisahkan oleh bebatuan karang. Terlebih jika Anda bermalam di tepi pantai ‘Laguna Segara Anakan’ akan menghadirkan suasana malam yang eksotik di tengah hutan tropis.

Kawasan Pulau sempu sebenarnya adalah kawasan cagar wisata yang dilindungi secara hukum. Karena di seitar pulau ini adalah kawasan hutan tropis yang sangat lebat. Belum ada penginapan ataupun guest house di kawasan ini. Dengan mendirikan perkemahan di sekitar ‘Laguna Segara Anakan’ Anda kan merasakan hal berbeda seperti menyatu dengan alam. Menikmati lebatnya hutan tropis sekaligus pantai yang cukup tenang.

Sumber : www.kabarmaya.com

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply